Tips Menggunakan Twitter yang Baik dan Aman

Pasang Iklan Anda disini !
Tampilkan Deskripsi Iklan Anda yang Lebih Panjang disini
Pasang Iklan Anda disini !
Tampilkan Deskripsi Iklan Anda yang Lebih Panjang disini
Assalamualaikum Wr.Wb dan Selamat Sore Para Blogger – Setelah Post “Kumpulan AutoText BlackBerry” dan “Trick Mendapatkan Uang Via AdsenseCamp”. Sore ini saya akan Share Tips Menggunakan Twitter yang Baik dan Aman. Sekarang banyak sekali yang menggunakan Twitter untuk penipuan dan samaran. Kemudian banyak sekali Hacker yang ingin mengambil password Twitter anda. Dengan Tips ini anda akan aman dari itu. Langsung saja Mari Kita Simak dan Coba.

Pada sore ini saya akan membahas tentang jejaring sosial twitter yang sangat populer di dunia dan tidak kalah populernya dengan Facebook. Pasti kalian semua sudah tau dengan Twitter, Sore ini saya akan memberikan tips menggunakan twitter yang baik dan aman

Berikut Tips Menggunakan Twitter yang Baik dan Aman : 
  • Jangan Bagikan Informasi Pribadi : Jangan pernah berbagi alamat e-mail Anda, alamat rumah atau kantor, nomor telepon, dan informasi lainnya yang mengungkapkan privasi Anda. Selain itu, jika Anda merasa tidak membutuhkannya, jangan aktifkan fitur geotagging pada Twitter Anda sehingga tweet-tweet Anda tidak akan disertai dengan lokasi dimana anda melakukan tweet.
  • Periksa Aplikasi Yang Telah dan Akan Digunakan : Hindari aplikasi berbasis web yang meminta Anda memasukkan username dan password Twitter. Aplikasi yang baik akan menggunakan Twitter OAuth dan tidak akan meminta Anda memasukkan username dan password. 
  • Mengubah Password Secara Teratur : Bot (mesin) biasanya digunakan hacker untuk memperoleh akses ke akun Twitter Anda. Gunakan password yang sulit ditebak dan ubah password Anda secara reguler, misalnya setiap 4 atau 6 minggu. 
  • Lihat Dulu Short URL Sebelum Di Klik : Link website pendek (short URL) sering digunakan untuk menyembunyikan alamat web yang tidak aman. Meng-klik dan mengunjungi website yang tidak aman menyebabkan bahaya malware, situs phising, dan lainnya. Jika Anda menggunakan Tweetdeck, aktifkan pilihan "Show Preview Information for Short URL". Jika Anda menggunakan Firefox, maka gunakan add-on seperti Long URL Mobile Expander atau DeTiny URL Expander. Semua pilihan ini membantu Anda mengetahui isi link sebelum membuka halaman web dengan pratinjau. 
  • Waspadai Direct Message (DM) : Anda mungkin mendapatkan link dari orang yang Anda kenal dan telah anda percaya, sehingga Anda membuka link tersebut. Padahal, link dari orang yang Anda kenal belum tentu aman. Bisa jadi itu dikirimkan oleh hacker yang berhasil mengirimkan link spam ke dalam DM. Cara menjaga akun Anda adalah jangan buka link tersebut jika Anda belum yakin link tersebut aman. Jangan lupa tanyakan kepada pengirim melalui mention agar Anda memastikan link tersebut memang dikirim oleh pemilik akun dan terjamin aman. 
  • Pisahkan Akun Pribadi Dengan Akun Bisnis : Jika Anda membuat akun Twitter untuk keperluan pribadi, sebaiknya ubah setting Anda menjadi akun yang terlindungi (protected). Pada setting profil, Anda bisa mencentang pilihan "Protect My Tweet". Dengan ini, tweet Anda hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang Anda izinkan mem-follow Anda. 
  • Blok Dan Laporkan Spam : Jika Anda membaca mention dari akun twitter yang tidak Anda kenal dan isinya tidak berhubungan dengan tweet-tweet Anda, sebaiknya Anda langsung mem-blok akun tersebut. Kalau melalui web, ada pilihan langsung untuk blokir akun sebagai spam tanpa harus membuka akun yang dimaksud. Jika membuka dari dari aplikasi mobile, biasanya anda harus membuka profil akun tersebut lalu bisa meng-klik pilihan "block as spam". 
  • Batasan Dalam Twitter Yang Harus Dipatuhi : Twitter memiliki batasan-batasan tertentu terhadap penggunaan akun. Jika Anda menggunakan akun secara berlebihan, akun Anda akan terblokir sementara karena dianggap spam. Oleh karena itu, abaikan tawaran yang menjanjikan Anda bisa memiliki ratusan follower dalam waktu singkat. Anda juga harus tahu bahwa Anda hanya bisa mem-follow 2000 akun, sebelum bisa menambah jumlah "following", jika jumlah "follower" Anda jumlahnya tidak seimbang dengan yang Anda follow. Selain itu, Anda hanya punya batas mengirim maksimal 1000 tweet dan 250 DM setiap hari. Melakukan "unfollow" ratusan akun dalam sehari bisa membuat akun Anda terblokir sementara. 
  • Hindari Membuat Akun "Samaran" : Sebaiknya nama akun yang Anda gunakan adalah nama asli Anda, sehingga orang lain tidak akan bisa menggunakannya untuk penipuan. Jika Anda menemukan akun palsu yang mengatasnamakan Anda, laporkan kepada Twitter dengan mengirim email ke impersonation@twitter.com 
  • Gunakan Antivirus Dan Firewall : Akhirnya, tak ada tips keamanan yang melewatkan himbauan untuk menggunakan antivirus dan firewall. Keduanya akan lebih melindungi akun Anda dari spam ataupun virus berbahaya yang mungkin menyusup melalui link dari DM atau short URL. Baik untuk PC maupun perangkat bergerak, menggunakan antivirus dan firewall sangat membantu melindungi akun jejaring sosial yang Anda miliki.

Sekian Tips-nya semoga bermanfaat bagi anda.


Courtesy : Rama88
Tips Menggunakan Twitter yang Baik dan AmanUnknown 100out of 100 based on 503503 ratings. 504504 user reviews.

Artikel Terkait

{ 6 komentar... read them below or add one }

cardiacku mengatakan...

Terima kasih sobat atas berbagi tipsnya
Dulu pernah buat akun twitter tetapi lama tidak digunakan lupa paswordnya sekarang tidak lagi.
Jadi followers 66 sobat

Unknown mengatakan...

@cardiacku sip gan... hehe :D
masama.. emang twitter kalo dah lupa nhe males buka lagi.. saya aja males buka twitter ge.. soalnya gga seru gga ada chattingan nya kayak FB... :)

ICAH BANJARMASIN mengatakan...

Wahh mantef share nya nih gann...sdh aku FOLLBACK tuh..trims ya..

Unknown mengatakan...

@ICAH BANJARMASIN sip gan... makasih dah follow n makasih dah mampir dblog ane... :)

Adrian Firmansyah mengatakan...

wah wah :D

Unknown mengatakan...

@Adrian Firmansyah wah2 kenapa gan?? :D

Tambahkan Komentar Anda